Persiapan Berpuasa Arafah Sebelum Hari Raya Idul Adha

HIkmah Hari Raya Idul Adha

Sebelum Hari Raya Idul Adha kita disunahkan untuk melakukan puasa. Puasa ini disebut dengan Puasa Arafah. Puasa ini dilakukan sehari sebelum hari raya Idul Adha. Tata caranya pun sama dengan puasa-puasa lainnya, yakni menahan diri dari haus dan lapar serta dari hawa nafsu dari terbit fajar hingga tenggelamnya matahari di sore hari. Puasa ini menjadi salah satu hikmah hari raya Idul Adha.

Puasa Arafah dilakukan pada tanggal 9 Dzulhijjah atau satu hari sebelum hari raya Idul Adha. Pada hari itu, bertepatan dengan para Jemaah haji melakukan wukuf di Arafah. Puasa ini hanya dilakukan sehari saja. Sifatnya sunnah, artinya jika dikerjakan mendapatkan pahala dan jika tidak dikerjakan tidak berdosa. Namun sangat dianjurkan untuk dikerjakan, karena banyak keutamaan di dalamnya.

Adapun keutamaan Puasa Arafah ini menjadi hikmah hari raya Idul Adha yang sangat luar biasa, yakni dosa-dosa kita satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang akan dihapuskan, terbebas dari api neraka, dan akan terjaga dari tindakan dosa selama dua tahun yang akan datang. Begitu besar keutamaannya, sehingga sangat disarankan bagi kita untuk melaksanakannya.

HIkmah Hari Raya Idul Adha

Untuk mempersiapkan diri dalam melaksanakan ibadah Puasa Arafah yang hanya 1 hari, sebaiknya:

Banyak istirahat

Istirahat ini akan menjaga kondisi tubuh untuk tetap fit, sehingga akan siap menjalani Puasa Arafah.

Makan makanan yang sehat

Berbeda dengan puasa ramadhan yang dilakukan satu bulan penuh, sekali kita memulai berpuasa, organ pencernaan akan menyesuaikan untuk menghadapi puasa keesokan harinya. Namun untuk Puasa Arafah yang hanya satu hari saja disarankan untuk menjaga pola makan, sehingga organ pencernaan tidak akan kaget karena hanya satu hari saja berpuasa. Apalagi yang memiliki penyakit maag, sangat dianjurkan untuk makan teratur dan minum obat saat sahur.

Minum banyak air putih

Air putih tidak pernah absen dalam perbincangan tentang kesehatan. Air putih sangat besar manfaatnya, walaupun puasa hanya satu hari, tetapi cairan tubuh harus terjaga dengan baik. Minum banyak air sehingga tubuh tidak akan mengalami dehidrasi.

Banyak olahraga

Untuk menjaga kesehatan tubuh saat menjalai puasa Arafah, olahraga tidak boleh ketinggalan. Melatih otot-otot tubuh, terutama otot pencernaan, agar tidak kaget saat berpuasa. Tidak perlu melakukan olahraga dalam skala berat. Cukup lakukan olahraga ringan, bisa dengan berjalan kaki di sekitar komplek rumah, bersepeda pagi 15 hingga 20 menit juga akan menjadi kegiatan olahraga yang menyenangkan lagi bermanfaat bagi tubuh.

Tips menghadapi Puasa Arafah ini sangatlah penting untuk dilakukan. Petik Hikmah Hari Raya Idul Adha yang terbaik dan paling baik dengan menjalankan sunah berpuasanya dengan baik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*